PPKn :B. Pancasila sebagai Nilai Kehidupan
Materi : Makna dan nilai-nilai Pancasila, serta proses perumusannya
Nilai Kebersamaan dalam Proses Perumusan Pancasila
Perjuangan
untuk merebut kemerdekaan tidak sekadar bersama-sama melakukan perlawanan
terhadap penjajah. Kebersamaan dalam proses musyawarah yang dilakukan oleh para
bapak bangsa (the Founding Fathers) dalam merumuskan dasar negara juga
merupakan salah satu bentuk perjuangan melepaskan diri dari tangan penjajah.
Ketika semangat kemerdekaan rakyat Indonesia sedang memuncak, proses perumusan
dasar negara yang dilakukan demi menuju kemerdekaan adalah hal yang tidak bisa
ditunda lagi.
Perjuangan yang dilakukan oleh para bapak bangsa dalam proses perumusan dasar negara tidaklah semudah yang dibayangkan. Dalam proses tersebut bermunculan banyak sekali pendapat yang diajukan mengenai rumusan dasar negara. Tiga orang tokoh; Mr. Muhammad Yamin, Mr. Soepomo dan Ir. Soekarno merupakan bagian dari para bapak bangsa yang mengemukakan gagasan dan pendapatnya mengenai rumusan dasar negara Indonesia merdeka. Namun, dalam menghasilkan suatu keputusan sidang tidak semua pendapat harus diterima. Akhirnya setelah melalui proses sidang musyawarah yang panjang, maka disepakati rumusan dasar negara bernama Pancasila yang dapat kita kenali hingga saat ini
1.
Ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2.
Semangat anti penjajah dan penjajahan.
3.
Harga diri yang tinggi sebagai bangsa yang merdeka.
4.
Semangat persatuan dan kesatuan.
5.
Setia kawan, senasib sepenanggungan, dan kebersamaan.
6.
Jiwa dan semangat merdeka.
7.
Semangat perjuangan yang tinggi.
8.
Pantang mundur dan tidak kenal menyerah.
9.
Ulet dan tabah menghadapi segala macam, tantangan, hambatan, dan gangguan.
10.
Berani, rela dan ikhlas berkorban untuk tanah air, bangsa dan negara.
11.
Cinta tanah air dan bangsa.
12.
Tanpa pamrih dan banyak bekerja.
13.
Disiplin yang tinggi.
14.
Percaya kepada hari depan yang gemilang dari bangsanya.
Landasan perjuangan bangsa Indonesia termaktub dalam
nilai-nilai tersebut yang menjadi bagian dalam merumuskan dasar negara kita
Pancasila. Selain itu, para bapak bangsa dan rakyat Indonesia pada waktu itu
telah mendalami nilainilai tersebut sehingga menyatu dalam diri. Keputusan yang
diambil dan disepakati dalam proses perumusan dasar negara pada saat itu
merupakan keputusan terbaik yang mengutamakan kepentingan bangsa dan negara.
Berdasarkan nilai-nilai itulah, Pancasila sebagai dasar negara Republik
Indonesia dapat dipertahankan hingga sekarang.
Penerapan Nilai-nilai Juang para Pahlawan dalam
Kehidupan
Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para
pahlawannya. Cara terbaik untuk menghargai jasa para pahlawan adalah dengan
meneladani nilai-nilai perjuangan yang dilakukannya. Para tokoh yang terlibat
dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara adalah para pahlawan
bangsa. Sudah sepantasnya kita menghargai jasa mereka, karena berkat usaha
mereka bangsa kita mempunyai dasar negara yang dinilai paling baik jika
dibandingkan dengan bangsa lainnya.
Nilai-nilai perjuangan mereka patut kita teladani dengan
cara menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga, sekolah,
masyarakat, serta bangsa dan negara. Berikut ini dipaparkan beberapa contoh
perilaku yang menunjukkan sikap meneladani nilai-nilai juang para pahlawan
dalam kehidupan sehari-hari.
1. Dalam kehidupan di
lingkungan keluarga
a.
Membuka diri untuk menerima masukan dari
anggota keluarga yang lain.
b.
Selalu menonton tayangan televisi yang
memberikan kesempatan untuk memperluas cakrawala berpikir seperti menonton
berita.
c.
Terbiasa dialog dengan orang tua dan
anggota keluarga yang lain serta pembantu rumah tangga.
d. Menghargai hak anggota keluarga lainnya.
e. Menerima pendapat yang dikemukakan oleh adik atau kakak, jika pendapat tersebut banyak
mengandung
manfaat bagi kehidupan.
f.
Beribadah tepat pada waktunya.
2. Dalam kehidupan di lingkungan sekolah
a.
Menghargai hasil karya teman.
b.
Tidak memaksakan kehendak kepada teman.
c.
Terbiasa berdialog dengan guru dan warga
sekolah lainnya.
d.
Tidak pandang bulu dalam bergaul.
e.
Berani menegur teman yang berbuat tidak
baik.
f.
Memberikan kesempatan kepada teman untuk
menyampaikan pendapatnya.
3. Dalam kehidupan di lingkungan masyarakat
a.
Bersedia menerima masukan dari orang
lain.
b.
Ikut serta dalam kegiatan gotong royong.
c.
Senantiasa terbuka terhadap perubahan
yang terjadi di lingkungan masyarakatnya.
d.
Memanfaatkan teknologi untuk kepentingan
masyarakat.
e.
Mengutamakan musyawarah dalam
menyelesaikan setiap persoalan.
f.
Menolong orang lain yang sedang tertimpa
musibah atau kesulitan.
4. Dalam kehidupan di lingkungan berbangsa dan
bernegara
a.
Bekerjasama dengan bangsa lain.
b.
Melakukan kegiatan yang dapat
mengharumkan nama bangsa.
c.
Berbuat sesuai dengan peraturan
perundang-undangan yang berlaku.
d.
Mencintai produk dalam negeri.
e.
Turut membela tanah air jika ada
ancaman.
f. Tidak merusak sarana atau fasilitas umum/negara.
Penilaian Pengetahuan
Jawablah pertanyaan berikut ini!
1.
Sebutkan empat macam sikap atau perilaku
yang sesuai dengan sila pertama Pancasila!
2.
Sebagai seorang peserta didik, bagaimana
bersikap yang sesuai dengan nilai Pancasila ketika berada di lingkungan sekolah
dan rumah?
Kunci Jawaban:
1. a. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
b. Hidup
rukun dan dapat bekerja sama antar pemeluk agama dan penganut kepercayaan yang
berbeda-beda.
seperti ini:
a. Lingkungan
sekolah: Berkawan baik kepada semua teman di kelas, jujur ketika ulangan/ujian,
mengerjakan tugas piket sesuai jadwal yang diberikan/disepakati.
PPKn Bab 1 Materi : Sikapmencintai sesama manusia dan lingkungannya, serta menghargai kebinekaan
PPKn Bab 1 Materi : Makna dan nilai-nilaiPancasila, serta proses perumusannya
PPKn Bab 1 Materi : Contohsikap dan perilaku yang sesuai dengan sila-sila Pancasila
PPKn Bab 1 Uji Kompetensi
LKPD online sila-sila Pancasila
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.