Selasa, 02 Agustus 2022

PPKn Fase B kelas 4 SD Bab 1 : Pancasila sebagai Nilai Kehidupan Materi : Makna dan nilai-nilai Pancasila, serta proses perumusannya

PPKn :B.  Pancasila sebagai Nilai Kehidupan

Materi : Makna dan nilai-nilai Pancasila, serta proses perumusannya



Nilai Kebersamaan dalam Proses Perumusan Pancasila

Perjuangan untuk merebut kemerdekaan tidak sekadar bersama-sama melakukan perlawanan terhadap penjajah. Kebersamaan dalam proses musyawarah yang dilakukan oleh para bapak bangsa (the Founding Fathers) dalam merumuskan dasar negara juga merupakan salah satu bentuk perjuangan melepaskan diri dari tangan penjajah. Ketika semangat kemerdekaan rakyat Indonesia sedang memuncak, proses perumusan dasar negara yang dilakukan demi menuju kemerdekaan adalah hal yang tidak bisa ditunda lagi.

Perjuangan yang dilakukan oleh para bapak bangsa dalam proses perumusan dasar negara tidaklah semudah yang dibayangkan. Dalam proses tersebut bermunculan banyak sekali pendapat yang diajukan mengenai rumusan dasar negara. Tiga orang tokoh; Mr. Muhammad Yamin, Mr. Soepomo dan Ir. Soekarno merupakan bagian dari para bapak bangsa yang mengemukakan gagasan dan pendapatnya mengenai rumusan dasar negara Indonesia merdeka. Namun, dalam menghasilkan suatu keputusan sidang tidak semua pendapat harus diterima. Akhirnya setelah melalui proses sidang musyawarah yang panjang, maka disepakati rumusan dasar negara bernama Pancasila yang dapat kita kenali hingga saat ini



Berdasarkan uraian tersebut, dapat dibilang bahwa nilai perjuangan dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara pasti dilandasi dengan kepentingan bangsa dalam semangat kebersamaan yang tinggi. Nilai juang dalam semangat kebersamaan tersebut tertuang sebagai berikut:

1. Ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2. Semangat anti penjajah dan penjajahan.

3. Harga diri yang tinggi sebagai bangsa yang merdeka.

4. Semangat persatuan dan kesatuan.

5. Setia kawan, senasib sepenanggungan, dan kebersamaan.

6. Jiwa dan semangat merdeka.

7. Semangat perjuangan yang tinggi.

8. Pantang mundur dan tidak kenal menyerah.

9. Ulet dan tabah menghadapi segala macam, tantangan, hambatan, dan gangguan.

10. Berani, rela dan ikhlas berkorban untuk tanah air, bangsa dan negara.

11. Cinta tanah air dan bangsa.

12. Tanpa pamrih dan banyak bekerja.

13. Disiplin yang tinggi.

14. Percaya kepada hari depan yang gemilang dari bangsanya.

Landasan perjuangan bangsa Indonesia termaktub dalam nilai-nilai tersebut yang menjadi bagian dalam merumuskan dasar negara kita Pancasila. Selain itu, para bapak bangsa dan rakyat Indonesia pada waktu itu telah mendalami nilainilai tersebut sehingga menyatu dalam diri. Keputusan yang diambil dan disepakati dalam proses perumusan dasar negara pada saat itu merupakan keputusan terbaik yang mengutamakan kepentingan bangsa dan negara. Berdasarkan nilai-nilai itulah, Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia dapat dipertahankan hingga sekarang.

 

Penerapan Nilai-nilai Juang para Pahlawan dalam Kehidupan

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Cara terbaik untuk menghargai jasa para pahlawan adalah dengan meneladani nilai-nilai perjuangan yang dilakukannya. Para tokoh yang terlibat dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara adalah para pahlawan bangsa. Sudah sepantasnya kita menghargai jasa mereka, karena berkat usaha mereka bangsa kita mempunyai dasar negara yang dinilai paling baik jika dibandingkan dengan bangsa lainnya.

Nilai-nilai perjuangan mereka patut kita teladani dengan cara menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, serta bangsa dan negara. Berikut ini dipaparkan beberapa contoh perilaku yang menunjukkan sikap meneladani nilai-nilai juang para pahlawan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Dalam kehidupan di lingkungan keluarga

a.  Membuka diri untuk menerima masukan dari anggota keluarga yang lain.

b.  Selalu menonton tayangan televisi yang memberikan kesempatan untuk memperluas cakrawala berpikir seperti menonton berita.

c.  Terbiasa dialog dengan orang tua dan anggota keluarga yang lain serta pembantu rumah tangga.

d.  Menghargai hak anggota keluarga lainnya.

e.  Menerima pendapat yang dikemukakan oleh adik atau kakak, jika pendapat tersebut banyak

mengandung manfaat bagi kehidupan.

f.  Beribadah tepat pada waktunya.

2.  Dalam kehidupan di lingkungan sekolah

a.  Menghargai hasil karya teman.

b.  Tidak memaksakan kehendak kepada teman.

c.  Terbiasa berdialog dengan guru dan warga sekolah lainnya.

d.  Tidak pandang bulu dalam bergaul.

e.  Berani menegur teman yang berbuat tidak baik.

f.  Memberikan kesempatan kepada teman untuk menyampaikan pendapatnya.

3.  Dalam kehidupan di lingkungan masyarakat

a.  Bersedia menerima masukan dari orang lain.

b.  Ikut serta dalam kegiatan gotong royong.

c.  Senantiasa terbuka terhadap perubahan yang terjadi di lingkungan masyarakatnya.

d.  Memanfaatkan teknologi untuk kepentingan masyarakat.

e.  Mengutamakan musyawarah dalam menyelesaikan setiap persoalan.

f.  Menolong orang lain yang sedang tertimpa musibah atau kesulitan.

4.  Dalam kehidupan di lingkungan berbangsa dan bernegara

a.  Bekerjasama dengan bangsa lain.

b.  Melakukan kegiatan yang dapat mengharumkan nama bangsa.

c.  Berbuat sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

d.  Mencintai produk dalam negeri.

e.  Turut membela tanah air jika ada ancaman.

f.  Tidak merusak sarana atau fasilitas umum/negara.


Penilaian Pengetahuan

Jawablah pertanyaan berikut ini!

1.  Sebutkan empat macam sikap atau perilaku yang sesuai dengan sila pertama Pancasila!

2.  Sebagai seorang peserta didik, bagaimana bersikap yang sesuai dengan nilai Pancasila ketika berada di lingkungan sekolah dan rumah?


Kunci Jawaban:

1. a.   Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

b.   Hidup rukun dan dapat bekerja sama antar pemeluk agama dan penganut kepercayaan yang berbeda-beda.

c.   Menghormati setiap orang dalam kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya
d.   Yakin terhadap agama atau kepercayaan yang dianutnya tetapi tidak memaksakannya kepada orang lain.
2. Jawaban peserta didik akan beragam, tetapi dapat diperkirakan isinya

seperti ini:

a.   Lingkungan sekolah: Berkawan baik kepada semua teman di kelas, jujur ketika ulangan/ujian, mengerjakan tugas piket sesuai jadwal yang diberikan/disepakati.

b.   Lingkungan rumah: Membuka diri untuk menerima masukan dari anggota keluarga yang lain, membantu pekerjaan rumah orang tua, menjaga adik/tidak menggangunya.

 

PPKn Bab 1 Materi  : Sikapmencintai sesama manusia dan lingkungannya, serta menghargai kebinekaan

PPKn Bab 1 Materi :  Makna dan nilai-nilaiPancasila, serta proses perumusannya  

PPKn Bab 1 Materi : Contohsikap dan perilaku yang sesuai dengan sila-sila Pancasila

PPKn Bab 1 Uji Kompetensi 

LKPD online sila-sila Pancasila 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Entri yang Diunggulkan

KALENDER PENDIDIKAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024

 KALENDER PENDIDIKAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024 Link:  KALENDER PENDIDIKAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024