Materi IPAS Kelas 4 SD Bab 5 Cerita Tentang Daerahku Topik Pengajaran Topik C: Masyarakat di Daerahku Kurikulum Sekolah Penggerak
Pengajaran Topik C: Masyarakat di Daerahku
Tujuan Pembelajaran Topik C
1. Peserta didik dapat menunjukkan perbedaan kehidupan
masyarakat di daerah tempat tinggalnya dahulu dan kini.
2. Peserta didik dapat mengorelasikan pengaruh
geografis dengan mata pencaharian dominan yang ada di daerah tempat tinggalnya.
3. Peserta didik dapat mengidentifikasi dampak dari
kehadiran masyarakat pendatang.
4. Peserta didik dapat menyebutkan sikap terbaik untuk
menghadapi dampak kehadiran masyarakat pendatang
Manusia harus bekerja atau mencari mata pencaharian
mereka sendiri untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Mata pencaharian adalah
pekerjaan utama yang digunakan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Mata
pencaharian penduduk menyesuaikan dengan kondisi alam. Indonesia memiliki
kondisi alam yang sangat beraneka ragam, menyebabkan lapangan pekerjaan beragam
pula yang disesuaikan kondisi dan kebutuhan masing-masing. Kenampakan alam/bentang
alam Indonesia, ada yang berupa dataran rendah, dataran tinggi, dan pantai.
Berikut ini akan kita pelajari lebih jelas beberapa mata pencaharian yang ada
di Indonesia, berdasarkan kenampakan alam suatu daerah:
1. Mata Pencaharian Daerah Pantai Daerah pantai
berdekatan dengan laut. Pantai yang landai merupakan tempat yang kaya akan
ikan, karena lautnya cenderung tenang. Umumnya penduduk akan bekerja sebagai
nelayan. Mereka menangkap ikan, menyelam untuk mengambil mutiara, budi daya
rumput laut, dan kerang mutiara. Sedangkan, di daratan pantai, nelayan
membudidayakan tambak ikan dengan komoditi unggulan bandeng dan udang. Sebagian
penduduk juga memiliki usaha tambak garam dan sawah pasang surut. Ada pula,
bagian pantai yang digunakan untuk pelabuhan kapal, kawasan industri, dan
perdagangan. Ketika daerah tersebut menjadi perkotaan, banyak penduduk yang
bekerja sebagai sopir, karyawan pabrik, dan pedagang.
2. Mata Pencaharian Daerah Dataran Rendah Daerah
dataran rendah banyak dialiri sungai, tanahnya gembur, dan suhu udaranya panas.
Daerah rendah yang landai merupakan lahan yang baik untuk pembudidayaan
pertanian, perkebunan, palawija, dan lain-lain. Kondisi yang demikian makin
mendukung karena iklim Indonesia yang tropis menyebabkan lamanya penyinaran
sinar matahari terhadap bumi, banyak menyebabkan turunnya curah hujan, dan
banyaknya proses pelapukan, baik yang terjadi pada tumbuh-tumbuhan maupun yang
terjadi pada bebatuan. Pada umumnya, penduduk daerah dataran rendah bagian
pedesaan, melakukan kegiatan pertanian dengan cara bersawah, budi daya ikan,
dan beternak itik. Sedangkan di bagian perkotaan, sebagian besar melakukan
kegiatan perdagangan dan industri.
3. Mata Pencaharian Daerah Dataran Tinggi Daerah
dataran tinggi berupa tanah pegunungan dan berbukit-bukit. Penduduk yang berada
di pedesaan bekerja di perkebunan. Mereka menanam tanaman industri, antara
lain: teh, kopi, kina dan kakao. Selain itu, ada yang menanam sayuran dan
bermacam-macam bunga. Karena udaranya sejuk dan segar, banyak penduduk di
wilayah perkotaan mendirikan usaha perhotelan dan tempat peristirahatan.
Berikut jenis mata pencaharian berdasarkan hasilnya:
1. Mata pencaharian apa yang dominan ada di daerah
kalian?
Jawaban : Bervariasi. (petani, pelaut, pedagang, buruh)
2. Apakah bentang alam daerah kalian mempengaruhi mata
pencaharian di sana?
Jawaban : Akan bervariasi, namun yang perlu ditekankan
adalah kenampakan alam/ bentang alam memiliki kaitan yang erat dengan
ketersediaan sumber daya, dan umumnya dimanfaatkan masyarakat sebagai mata
pencaharian utama.
3. Apa
perbedaan masyarakat di daerah kalian kini dengan dahulu?
Jawaban : Bervariasi.
4. Hal menarik
apa yang kamu dapatkan tentang adanya pendatang di daerahmu?
Jawaban : Bervariasi, bisa dijabarkan dari segi
budaya, musik, makanan, bahasa, dll.
5. Menurut kalian, apa kelebihan dan kekurangan
tentang keberadaan pendatang di daerah kalian?
Jawaban : Bervariasi, bisa dijabarkan dari sisi
ekonomi, sosial-budaya, lingkungan, kesehatan, dll.
6. Sikap apa yang dapat dilakukan sebagai masyarakat
untuk mendukung perkembangan daerah menjadi lebih baik?
Jawaban : Bervariasi.
7. Seberapa penting kita perlu melestarikan dan
menjaga budaya lokal? Mengapa?
Jawaban : Penting, supaya generasi penerus masih dapat
merasakan warisan lokal daerahnya dan dapat menghargai serta memiliki
kebanggaan akan daerahnya, supaya tidak hilang tergerus oleh budaya
asing/budaya baru.
8. Apa hal yang dapat diupayakan untuk menjaga adat
budaya yang dimiliki daerah kalian, hingga dapat terus dinikmati oleh generasi
berikutnya?
Materi berikutnya : Pengajaran Topik B: Daerahku dan Kekayaan Alamnya
Materi sebelumnya : Pengajaran Topik A : Seperti Apa Daerah Tempat Tinggalku Dahulu?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.