Rabu, 16 September 2020

 

Soal Tematik Kelas 4 Tema 2 Subtema 2 Semester 1 Th. 2020


I. Isilah titik titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat!

1. Menjemur ikan dapat memanfaatkan energi . . .

2. Pada saat menggosok pakaian energi yang digunakan adalah . . . diubah menjadi energi . . .








3. Pada gambar percobaan diatas menunjukan bahwa energi panas berubah menjadi energi . . .

4. Jahe bisa dimanfaatkan untuk mengobati ... caranya dengan direbus dan dikasih gula merah.

5. Temulawak, kunyit, jahe, bawang putih, kencur, dan cengkeh merupakan contoh .... Indonesia yang jumlahnya berlimpah.

6. Bahan utama pembuatan kertas adalah . . .

7. Menulis seperlunya saja, tidak merobek robeknya adalah beberapa cara untuk menghemat . . .

8. Pecahan senilainya dari  
2/5 adalah  . . . .








9. Untuk menjaga keselamatan dari bahaya tersengat listrik, pohon yang dekat dengan kabel listrik sebaiknya . . . .

10. Bahaya ketika bermain di dekat tiang listrik adalah . . . .

11. Menggunakan energi sesuai kebutuhan,  sehingga tidak ada energi yang terbuang sia-sia adalah arti dari ....

12. Pada pembuatan poster teks dan penyajiannya harus .... dan mudah . . . .

 

13. Sebutkan manfaat batu bara?

 

14. Berasal dari apakah batu bara itu?

 

Batu bara merupakan sumber energi yang selama ini banyak dimanfaatkan dalam berbagai bidang kehidupan, mulai dari rumah tangga, usaha kecil sampai industri. Batu bara cukup berpengaruh terhadap kegiatan ekonomi masyarakat.

Batubara merupakan bahan bakar fosil yang termasuk dalam kategori batuan sedimen. Proses pembentukan batu bara membutuhkan waktu hingga jutaan tahun lamanya. Batu bara terbentuk dari sisa-sisa tumbuhan purba yang kemudian mengendap selama berjuta-juta tahun dan mengalami proses pembentukan batu bara.

Berdasarkan hasil analisismu, nyatakan apakah pernyataan 15, 16,

dan 17, BENAR atau SALAH dan beri alasannya.

 

15. Batu bara termasuk sumber daya alam yang berlimpah dan mudah diperoleh

 

16. Batu bara tidak mempunyai pengaruh terhadap kegiatan ekonomi masyarakat….

 

17. Kita harus menghemat penggunaan batu bara….










Setelah melakukan kampanye, jawablah pertanyaan berikut.

 

18. Apakah kampanye yang kamu lakukan dapat disebut sebagai bagian dari kewajiban sebagai warga ? Mengapa ?

 

19. Apa manfaat dari kampanye yang kamu lakukan terhadap dirimu, orang lain, dan lingkunganmu?

20. Apa rencanamu selanjutnya setelah melakukan kampanye tentang hemat energi ini?

DOWNLOAD SOAL TEMA 2 SUBTEMA 2

ULANGAN HARIAN Soal Tematik Kelas 4 Tema 2 Subtema 1 Semester 1 Th. 2020

Soal Tematik Kelas 4 Tema 2 Subtema 1 Semester 1 Th. 2020 
 I. Isilah titik titik dibawah ini dengan jawaban yang benar !  
1. Sumber energi terbesar di bumi adalah . . .  
2. Manfaat matahari bagi kehidupan di keluarga adalah . . . . 
 3. Tanaman menyimpan energi di . . . 
 4. Contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah . . . 
 5. Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah . . .













6. Birama lagu " Menanam Jagung " adalah  . . .






7. Lihat gambar urutan nada diatas ! Semakin ke kanan nada akan semakin . . . .

8. Air dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi . . .

9. Manfaat air dalam kehidupan sehari-hari adalah untuk . . .

10. Sesuatu yang harus kita dapatkan disebut . . .














11. Setiap warga mengambil air bersih dari sumur masjid. Untuk itu, setiap warga berkewajiban untuk . . .

12. Setiap orang berhak mendapatkan air bersih. Kita wajib ..... penggunaannya.

13. Taksiran dari 2563 ke puluhan terdekat menjadi . . .

14. Hasil penjumlahan dengan taksiran ke puluhan terdekat pada 156 + 123 adalah . .

 









15. Alat dan bahan untuk membuat kincir angin diatas adalah botol plastik bekas, gabus bekas tutup botol, lidi/sumpit dan ....

16. Kincir angin bisa dimanfaatkan untuk . . .

17. Sumber energi yang digunakan untuk menyalakan TV adalah . . . .

18. Untuk menghemat energi listrik matikan TV jika . . . .














19. Uang yang dikeluarkan jika kamu membeli 4 buah bola lampu adalah . . . . ( gunakan penaksiran ke ribuan terdekat )

20. Sebagian besar wilayah Indonesia adalah kawasan .....


DOWNLOAD SOAL TEMA 2 SUBTEMA 1

SOAL TEMA 2 SUBTEMA 1

semoga bermanfaat

 


Selasa, 15 September 2020

PLBJ Kelas 4 SD BAB 2 BONEKA ONDEL-ONDEL


Pendidikan Lingkungan dan Budaya Jakarta Kelas 4 SD 

PLBJ BAB 2 

BONEKA ONDEL-ONDEL

Apa itu Ondel-ondel. 

Ondel-ondel salah satu simbol khas kota Jakarta, ondel-ondel digunakan sebagai hiburan.

Ondel-ondel merupakan pertunjukkan khas Betawi yang menggunakan boneka berukuran besar.

ondel-ondel digerakkan oleh manusia, yang masuk ke dalam boneka, sehingga seperti gerakkan menari.

musik pengiring pertunjukkan ondel-ondel biasanya tanjidor.

Pakaian ondel-ondel menyerupai pakaian adat Betawi. Ondel-ondel laki-laki menggunakan pakaian menyerupai baju koko dengan selendang di kalungkan di leher. sedangkan ondel-ondel perempuan memakai pakaian kebaya dengan selendang di pundaknya.

rangka tubuh ondel-ondel terbuat dari anyaman bambu

wajah ondel-ondel berupa kedok atau topeng. wajah ondel ondel-ondel perempuan biasanya di cat berwarna putih, sedangkan ondel-ondel laki-laki di cat dengan warna merah.

ondel-ondel biasanya dipertunjukkan dalam pesta rakyat Betawi, seperti; pernikahan, sunatan, peringatan HUT Jakarta dan penyambutan tam penting.

boneka ondel-ondel mini merupakan salah satu cendera mata khas kota Jakarta. cendera mata ini biasanya banyak ditemukan di tempat wisata di jakarta, seperti; Kota Tua, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Monumen Nasional (Monas).

Membuat ondel-ondel:



#PLBJ

#Ondel-ondel

Jumat, 11 September 2020

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 2 Peran Matahari dalam Kehidupan (Halaman 3-4)


 Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 2 Peran Matahari dalam Kehidupan (Halaman 3)

SUBTEMA 1

PEMBELAJARAN 1

PERCOBAAN ENERGI SINAR MATAHARI (HALAMAN3, 4)

Beni ingin membuktikan panas bahwa matahari sebagai sumber energi yang penting untuk kelangsungan makhluk hidup. Ayo kita bantu Beni untuk membuktikannya! Lakukan percobaan ini di luar kelas!

1. Basahi 2 helai sapu tangan, 2 lembar tisu, 2 lembar kertas. 

2. Jemurlah sehelai sapu tangan, selembar tisu, dan selembar kertas di tempat panas sedangkan sisanya letakkan di tempat teduh. 

3. Amati dan tuliskan perubahan yang terjadi pada benda-benda tersebut setelah 15 menit, 30 menit, dan 60 menit!

Sambil menunggu saat pengamatan, kamu dapat membaca kisah Ali Si Biji Energi di halaman 5 dan mengerjakan tugas selanjutnya.


Apakah ada perbedaan antara benda-benda yang dijemur di bawah sinar matahari dan yang diletakkan di tempat teduh? 

 Ada. Benda yang dijemur di bawah terik matahri lebih cepat mengering daripada benda yang dijemur di bawah pohon.

Berdasarkan tabel pengamatan hasil percobaan, tuliskan paling sedikit empat kesimpulan mengenai pengaruh panas matahari pada percobaanmu.

Kesimpulan

1. Tisu, kertas, dan sapu tangan yang dijemur di panas matahari lebih cepat kering

2. Tisu di panas matahari lebih cepat kering

3. Tisu, kertas, dan sapu tangan di tempat teduh, lebih lama kering karena tidak terkena panas matahari sehingga penguapan air pada benda-benda tersebut lebih lama

4. air yang ada di tisu, kertas, dan sapu tangan basah menguap karena panas matahari. panas matahari mengeringkan benda-benda basah.


Nah, sekarang cobalah untuk mengolah data ke dalam bentuk Laporan Kegiatan Percobaan di bawah ini!









Kamis, 10 September 2020

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 2 Peran Matahari dalam Kehidupan (Halaman 2)

 Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 2 Peran Matahari dalam Kehidupan (Halaman 2)



SUBTEMA 1

PEMBELAJARAN 1

PERAN MATAHARI DALAM KEHIDUPAN (HALAMAN 2)

Peran Matahari dalam Kehidupan

 

Energi sangat penting bagi kehidupan kita. Semua makhluk hidup membutuhkan energi. Matahari memiliki peran yang besar dalam kehidupan karena merupakan sumber energi terbesar di bumi. Panas matahari berpengaruh terhadap aktivitas manusia dan makhluk hidup lainnya di bumi. 

Amatilah gambar berikut.


Jika melihat dari susunannya, matahari sendiri di susun oleh empat lapisan. yaitu ada yang namanya inti matahari, fotosfer, kromosfer, dan korona. Inti matahari merupakan pusat dari matahari. Suhunya kira-kira 15 juta kelvin.

 

Kemudian lapisan matahari yang kedua yang dapat kita lihat dinamakan dengan fotosfer atau lapisan cahaya. Lapisan ini merupakan sebuah daerah walaupun agak tipis tetapi memiliki kedalaman atau ketebalan sekitar 500 km. Jarak 500 km ini kurang lebih 1 per 2000 jari-jari matahari. Gas-gas panas pada fotosfer memancarkan cahaya dengan intensitas sangat kuat, sehingga cahaya fotosfer dapat terlihat dan bewarna kuning dari bumi. Lapisan ketiga dinamakan dengan kromosfer. Lapisan kromosfer menjulang 12.000 km di atas fotosfer, memiliki tebal kira-kira 2.400 km, dan suhu pada bagian atasnya lebih dari 10.000 Kelvin.

 

Dan yang keempat ada yang namanya korona. Korona ini jauh lebih panas di bandingkan dengan kromosfer, para ahli menaksir suhu korona mencapai 2 juta Kelvin untuk daerah luarnya. Akibat suhu yang sangat tinggi ini, korona mengembang sangat cepat dalam ruang hampa. Mengapa korona yang terletak lebih jauh dari sumber energi matahari (inti matahari) di bandingkan dengan fotosfer dapat jauh lebih panas? Suatu teori menyatakan bahwa pemaksaan perpindahan kalor (energi) secara konveksi dalam fotosfer dan kromosfer, memanaskan secara intensif gas yang sangat tipis dalam korona.

 



1. Apa yang diceritakan gambar tersebut? aktivitas manusia
2. Berdasarkan gambar, dapatkah kamu menyebutkan apa saja manfaat matahari bagi keluarga tersebut? Mengapa demikian? Kemukakan alasanmu!

Manfaat matahari :

a. untuk kesehatan tubuh

b. membantu proses fotosintesis

c. mengeringkan baju

3. Apakah kamu dapat menyebutkan contoh kegiatan lain tentang manfaat matahari bagi kehidupan kita sehari-hari?

sumber energi pada panel surya, yang dapat mengubah sumber energi cahaya menjadi energi listrik.

Buatlah tulisan dengan menggunakan jawaban-jawabanmu di atas!

Matahari sebagai sumber energi terbesar memancarkan panas dan cahayanya ke Bumi. Cahaya matahari menerangi Bumi sehingga kita dapat melihat semua makhluk hidup dan benda di siang hari. Panas matahari mengakibatkan adanya kehidupan di Bumi.

Berikut beberapa peran matahari bagi kehidupan di Bumi:




1.             Seiring dengan perputaran Bumi pada porosnya, matahari membuat terjadinya siang dan malam.

2.             Seiring dengan kemiringan posisi Bumi saat melakukan revolusi, matahari mengakibatkan terjadinya 4 musim di belahan Bumi utara dan selatan yaitu musim panas, musim gugur, musim dingin dan musim semi.

3.             Berperan pada siklus/perputaran air, hingga terjadi perubahan cuaca: mendung, panas, dan hujan.

4.             Berperan pada proses terjadinya awan hingga terjadinya hujan yang membasahi daratan hingga semua tumbuhan di darat dapat bertahan hidup. Air hujan yang tersimpan di tanah juga dimanfaatkan hewan dan manusia untuk keberlangsungan hidupnya.

5.             Berperan pada proses fotosintesis sehingga semua tumbuhan baik di darat dan di laut dapat hidup, berkembang, dan membuat cadangan makanan untuk dikonsumsi hewan dan manusia. Panas matahari mengakibatkan perbedaan suhu udara yang memicu terjadinya angin. Tiupan angin kemudian juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi.

6.             Panas matahari mengakibatkan air laut menguap, peristiwa ini dimanfaatkan pada proses pembuatan garam.

7.             Cahaya dan panas matahari digunakan sebagai sumber energi pada panel surya, yang mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik.

8.             Cahaya matahari di pagi hari juga membantu proses terjadinya vitamin D yang berguna bagi pertumbuhan tulang pada anak-anak.

9.             Begitu banyak peran matahari bagi kehidupan. Tanpa matahari maka tidak akan terjadi kehidupan di Bumi.

Entri yang Diunggulkan

KALENDER PENDIDIKAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024

 KALENDER PENDIDIKAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024 Link:  KALENDER PENDIDIKAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024